Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pkn Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8902Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar PKn kelas V SDN 1 Pampangan. Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A dan V B SD Negeri 1 Pampangan yang berjumlah 52 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling total yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana kelompok eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan indentpenden sampel t-test.Taraf signifikan dalam penelitian ini adalah 0,05 atau taraf kepercayaannya 95%. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan lingkungan belajar yang bersih dan baik memperoleh rata-rata posttest. jumlah posttest 85,42 dengan mempunyai rata-rata kelas eksperimen posttest sebesar 2.221 dan kelas kontrol posttest berjumlah 78,77 rata-rata posttest dalam kelas kontrol berjumlah 2.048. Hasil uji T dengan ttabel 0.388 diperoleh thitung 0,76 dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap lingkungan belajar terhadap prestasi belajar PKn kelas V SDN 1 PampanganDownloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Fadilah, F., Dedy, A. ., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pkn Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4957–4962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8902
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fadilah Fadilah, Adrianus Dedy, Putri Dewi Nurhasana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).