Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sekecamatan Sukarami Palembang

Authors

  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9661

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi guru dalam menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Kecamatan Sukarami Palembang. Penelitian dilaksanakan di SD N 114, SD N 126 dan SD N 128 dengan jumlah sampel 60 siswa yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel jenis Simple Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data kesulitan guru dalam menggunakan sumber belajar terdapat pada aspek keterampilan penggunaan dan penunjang sumber belajar dengan persentase 56,05% dan 48,58% dengan kategori cukup sulit (CS). dan untuk kesulitan guru dalam menggunakan media pembelajaran terlihat pada aspek keterampilan penggunaan media dan penunjang penggunaan media dengan persentase 59% dan 46,67% dengan kategori cukup sulit (CS).  Berdasarkan persentase dari hasil penelitian yang dilakukan, guru menyatakan mengalami kesulitan dalam menggunakan sumber dan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS dari aspek keterampilan dan aspek penunjang penggunaan.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Nurhasana, P. D. . (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sekecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8251–8258. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9661

Most read articles by the same author(s)