Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sekecamatan Sukarami Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9661Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi guru dalam menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Kecamatan Sukarami Palembang. Penelitian dilaksanakan di SD N 114, SD N 126 dan SD N 128 dengan jumlah sampel 60 siswa yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel jenis Simple Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data kesulitan guru dalam menggunakan sumber belajar terdapat pada aspek keterampilan penggunaan dan penunjang sumber belajar dengan persentase 56,05% dan 48,58% dengan kategori cukup sulit (CS). dan untuk kesulitan guru dalam menggunakan media pembelajaran terlihat pada aspek keterampilan penggunaan media dan penunjang penggunaan media dengan persentase 59% dan 46,67% dengan kategori cukup sulit (CS). Â Berdasarkan persentase dari hasil penelitian yang dilakukan, guru menyatakan mengalami kesulitan dalam menggunakan sumber dan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS dari aspek keterampilan dan aspek penunjang penggunaan.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Nurhasana, P. D. . (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sekecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8251–8258. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9661
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Dewi Nurhasana, Kiki Aryaningrum, Henni Riyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).