Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5563Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 240 Palembang pada tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan design The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 240 Palembang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yang terbagi menjadi dua kelas IV.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata (Posttest) kelas eksperimen 79,5 dan kelas kontrol 62,5. Dan untuk uji hipotesisnya menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,010. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,025, maka ditolak. Artinya diterima dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode bercerita dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional di kelas IV SD Negeri 240 Palembang. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 240 Palembang”.Downloads
Published
2022-07-21
How to Cite
Suci Karmila, Hetilaniar, H., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1520–1530. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5563
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Suci Karmila, Hetilaniar Hetilaniar, Putri Dewi Nurhasana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).