Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN 225 Palembang

Authors

  • Muhammad Imam Khairu Saleh Universitas PGRI Palembang
  • M. Juliansyah Putra Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5460

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar IPS dikelas IV SD Negeri 225 Palembang dan dapat diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran talking stick.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini ialah  kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu, Variabel Bebas (X) : Model Pembelajaran Talking stick, Variabel Terikat (Y) : Hasil belajar siswa. Jenis experimen yang digunakan adalah Quasih Experimental Design. Desain ini memiliki kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berpungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Rancangan Quasih Experimental Design yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Design teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Tes, dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan Hasil belajar IPS antara siswa yang diberikan model pembelajaran Talking Stick dengan yang tidak diberikan model pembelajaran Talking Stick. Kemampuan model pembelajaran Talking Stick lebih baik daripada siswa yang tidak mendapatkan model pembelajaran Talking StickBerdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung 5,813 t_(tabel ) 2,086 yang menandakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan Ha dinyatakan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunakan Model pembelajaran Talking Stick efektif untuk di gunakan dalam pembelajaran dan memberi pengaruh yang signifikan. 

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Saleh, M. I. K. ., Putra, M. J. ., & Dedy, A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN 225 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1461–1468. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5460

Most read articles by the same author(s)