Analisis Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 138 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9098Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar IPA materi gaya siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang. penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang berjumlah 23 siswa. siswa yang menjadi sampel sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu data tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 16 siswa dari 23 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dengan presentase sebesar 69,5%, dan terdapat 7 siswa dari 23 yang mendapat nilai di bawah KKM dengan presentase sebesar 30,35%. Dengan demikian, hasil belajar siswa IPA pada materi gaya kelas IV SD Negeri 138 Palembang dalam kategori baik.Downloads
Published
2022-11-23
How to Cite
Manurung, H. ., Putra, M. J. ., & Dedy, A. . (2022). Analisis Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6024–6037. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9098
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Herawati Manurung, Muhammad Juliansyah Putra, Adrianus Dedy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).