Pengaruh Strategi Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Lais
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7568Abstract
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pembeljaran IPS pada kelas v sd. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan bentuk penelitian metode quasi – eksperimental dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design sampel penelitian ini ditentukan sebanyak siswa atau seluruh siswa dari kelas va dan vb sebanyak 44 siswa. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Diketahui bahwa pengaruh strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar diperoleh = 4,583 hal ini berarti antara kelas eksperimen dengan menggunakan strategi crossword puzzle dan kelas kontrol dengan menggunakan strategi crossword puzzle jadi yang memiliki pengaruh besar adalah kelas eksperimen jadi kelas eksperimen memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman IPS siswa karena nilai menunjukan nilai yang positif. Akan tetapi untuk mengetahui perbandingan antara kedua kelas tersebut dilakukan Uji Independent T Test yang menunjukan hasil signifikan sebesar 0,000 0,05 atau = 4,583 = 1.68195. Maka dapat disimpulkan bahwaditolak dan diterima atau ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata pemahaman belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, hipotesis dalam penelitian yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara strtegi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pemahaman pembelajaran IPS ( Ilmu Pengetahuan sosialDownloads
Published
2022-10-16
How to Cite
Eprianti, M. ., Dedy, A. ., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengaruh Strategi Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Lais . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5632–5637. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7568
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Memi Eprianti, Adrianus Dedy, Putri Dewi Nurhasana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).