Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 87 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7772Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 87 Palembang dan dapat diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu, Variabel Bebas (X) : Model Pembelajaran Problem Based Learning , Variabel Terikat (Y) : Hasil belajar siswa, jenis eksperimen yang digunakan adalah Posttestonly Control Group Design. Desain ini memiliki kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Rancangan Posttestonly Control Group Design yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Tes, Dokumentasi berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diberikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan yang tidak diberikan model pembelajaran Problem Based Learning. Kemampuan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang tidak mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung 0,000<0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning layak untuk di gunakan dalam pembelajaran dan memberi pengaruh yang signifikan.Downloads
Published
2022-10-21
How to Cite
Alda Maya Sari, A. M. S., Lian, B. ., & Dedy, A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 87 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6700–6710. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7772
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alda Maya Sari Alda Maya Sari, Bukman Lian, Adrianus Dedy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).