Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 121309 Pematang Siantar

Authors

  • Brefman Juli Andre Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 121309 Pematangsiantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh penerapan  model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SDN 121309 Pematangsiantar (H1) dan tidak ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SDN 121309 Pematangsiantar (HO). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 121309 Pematangsiantar yang berjumlah 33 siswa.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan  hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 10,655 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh  model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 121309 Pematangsiantar. Ini berarti H1 diterima dan HO ditolak.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Siahaan, B. J. A. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 121309 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3683–3692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8818

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3