Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih di SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7573Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Index Card Match Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih di SD Negeri 122350 Pematang Siantar atau tidak. Hipotesis dalam penelitian ini ada 2, yaitu: (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa (Ha), dan (2) tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa (Ho). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122350 Pematang Siantar yang berjumlah 35 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 butir. Untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema cara tubuh mengelola udara bersih di SD Negeri 122350 Pematang Siantar, maka peneliti melakukan uji hipotesis dengan taraf siginifkan 0,05 atau ttabel = 169. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh thitung = 9,966, ini berarti thitung > ttabel. Berdasarkan hasil hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema cara tubuh mengelola udara bersih di SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-10-16
How to Cite
Pane, T. . ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih di SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5667–5680. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7573
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tessalonika Pane, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).