Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih di SD

Authors

  • Tessalonika Pane Universitas HKBP Nommensen
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7573

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Index Card Match Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih di SD Negeri 122350 Pematang Siantar atau tidak. Hipotesis dalam penelitian ini ada 2, yaitu: (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa (Ha), dan (2) tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa (Ho). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122350 Pematang Siantar yang berjumlah 35 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 butir. Untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema cara tubuh mengelola udara bersih di SD Negeri 122350 Pematang Siantar, maka peneliti melakukan uji hipotesis dengan taraf siginifkan 0,05 atau ttabel = 169. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh thitung = 9,966, ini berarti thitung > ttabel. Berdasarkan hasil hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema cara tubuh mengelola udara bersih di SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Pane, T. . ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Cara Tubuh Mengelola Udara Bersih di SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5667–5680. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7573

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>