Pengaruh Model Artikulasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Sumber Energi di SD Negeri 121309 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7796Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Artikulasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema sumber energi di SD Negeri121309 pematangsiantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) Ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan model Artikulasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 121309 Pematangsiantar (Ha diterima) dan (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan model artikulasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 121309 Pematangsiantar (H_O diterima). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 121309 Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil t_hitung sebesar 9,016 dan t_tabel 1,699 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema sumber energi di SD Negeri 121309 Pematangsiantar. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Sumbayak, A. Y. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, . C. L. . (2022). Pengaruh Model Artikulasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Sumber Energi di SD Negeri 121309 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6790–6801. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7796
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anna Yulitasari Sumbayak, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).