Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124385 Pematangsiantar

Authors

  • Miranda Hutahaean Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7161

Abstract

Studi ini berniat guna menyadari perbawa bentuk pengajian pengkajian Inkuiri  hasil membiasakan pelajar p memiliki subtema khalayak serta daerah golongan V pada  semester pelik Tahun pemikiran 2022/2023 di bulan Agustus. cara riset yang dipakai yaitu sistem riset dengan pendekatan kuantitatif. studi ini dilaksanakan di SD Negeri 124385 Pematang Siantar, serta yang sebagai populasi dalam riset ini yaitu semua pelajar golongan V SD Negeri 124385 Kota Pematang Siantar dengan jumlah 30 pelajar. Dalam riset ini didapat ilustrasi 2 golongan ialah golongan V-A sebagai golongan pengujian, berjumlah 15 orang serta golongan V-B sebagai golongan pemantauan berjumlah 15 orang. Instrumen yang dipakai dalam riset ini berbentuk pertanyaan uji. guna mengetes instrumen riset dengan memanfaatkan percobaan kesahihan, percobaan reliabilitas, percobaan jenjang kesusahan uji serta energi pembeda uji. Pada tata cara pengumpulan data dilakoni dengan langkah riset, ujit dahulu ( Pre-Test ), pemberian perlakuan dan juga tes akhir ( Post-Test ). Metode analisa data dengan percobaan seragamitas, percobaan wajaritas serta percobaan teori dengan memanfaatkan percobaan t. nilai seragamitas diperoleh dengan memanfaatkan  percobaan  Homogenity of variance. Pada ilustrasi ini diumumkan homogen jika nilai sig Based on Mean > 0,05. Hasil riset memberitahukan nilai sig Based on Mean  0,007 > 0,05, maka mampu disimpulkan kalau varias data golongan post-test pengujian serta pos-test pemantauan serupa ataupun homogen. Pada percobaan normalitas mencukupi patokan nilai sig > 0,05. Pada riset ini memberitahukan kalau nilai sig Kolmogorov- Smirnov ataupun Shapiro- Wilk > 0,05. Jadi kesimpulan dari penyebaran  ini ialah memberitahukan  data pertanyaan normal. Output Pair 1 dihasilkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0.00 < 0,05 hingga mampu disimpulkan ada farak rata-rata membiasakan pelajar antara bentuk pengajian pengkajian Inkuiri dengan sistem Konvensional. Output Pair 2 dihasilkan nilai sig (2 tailed)  sebesar 0,00 < 0,05. bersumber pada daftar  percobaan Paired Samples Test diketahui nilai bermaknasi (2 tailed ) 0,000.  alkisah 0,000 > 0,05 ( kedapatan pada apendiks ).  tentang ini mampu ditarik kesimpulan berarti Ho ditolak serta Ha diperoleh yang berarti kalau ada perbawa yang signifikan antara bentuk pengajian pengkajian. bersumber pada hasil rata-rata totalitas kalau pengajian pengkajian dengan memanfaatkan bentuk pengajian pengkajian Inkuiri  ada hasil membiasakan yang lebih cakap.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Hutahaean, M., Purba, N. A. ., & Sihombing, L. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124385 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3484–3491. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7161

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>