Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124385 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7161Abstract
Studi ini berniat guna menyadari perbawa bentuk pengajian pengkajian Inkuiri hasil membiasakan pelajar p memiliki subtema khalayak serta daerah golongan V pada semester pelik Tahun pemikiran 2022/2023 di bulan Agustus. cara riset yang dipakai yaitu sistem riset dengan pendekatan kuantitatif. studi ini dilaksanakan di SD Negeri 124385 Pematang Siantar, serta yang sebagai populasi dalam riset ini yaitu semua pelajar golongan V SD Negeri 124385 Kota Pematang Siantar dengan jumlah 30 pelajar. Dalam riset ini didapat ilustrasi 2 golongan ialah golongan V-A sebagai golongan pengujian, berjumlah 15 orang serta golongan V-B sebagai golongan pemantauan berjumlah 15 orang. Instrumen yang dipakai dalam riset ini berbentuk pertanyaan uji. guna mengetes instrumen riset dengan memanfaatkan percobaan kesahihan, percobaan reliabilitas, percobaan jenjang kesusahan uji serta energi pembeda uji. Pada tata cara pengumpulan data dilakoni dengan langkah riset, ujit dahulu ( Pre-Test ), pemberian perlakuan dan juga tes akhir ( Post-Test ). Metode analisa data dengan percobaan seragamitas, percobaan wajaritas serta percobaan teori dengan memanfaatkan percobaan t. nilai seragamitas diperoleh dengan memanfaatkan percobaan Homogenity of variance. Pada ilustrasi ini diumumkan homogen jika nilai sig Based on Mean > 0,05. Hasil riset memberitahukan nilai sig Based on Mean 0,007 > 0,05, maka mampu disimpulkan kalau varias data golongan post-test pengujian serta pos-test pemantauan serupa ataupun homogen. Pada percobaan normalitas mencukupi patokan nilai sig > 0,05. Pada riset ini memberitahukan kalau nilai sig Kolmogorov- Smirnov ataupun Shapiro- Wilk > 0,05. Jadi kesimpulan dari penyebaran ini ialah memberitahukan data pertanyaan normal. Output Pair 1 dihasilkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0.00 < 0,05 hingga mampu disimpulkan ada farak rata-rata membiasakan pelajar antara bentuk pengajian pengkajian Inkuiri dengan sistem Konvensional. Output Pair 2 dihasilkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,00 < 0,05. bersumber pada daftar percobaan Paired Samples Test diketahui nilai bermaknasi (2 tailed ) 0,000. alkisah 0,000 > 0,05 ( kedapatan pada apendiks ). tentang ini mampu ditarik kesimpulan berarti Ho ditolak serta Ha diperoleh yang berarti kalau ada perbawa yang signifikan antara bentuk pengajian pengkajian. bersumber pada hasil rata-rata totalitas kalau pengajian pengkajian dengan memanfaatkan bentuk pengajian pengkajian Inkuiri ada hasil membiasakan yang lebih cakap.Downloads
Published
2022-09-29
How to Cite
Hutahaean, M., Purba, N. A. ., & Sihombing, L. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124385 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3484–3491. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7161
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Miranda Hutahaean, Nancy Angelia Purba, Lisbet Novianti Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).