Pengaruh Pendekatan Komunikatif terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7319Abstract
Penelitian dengan judul “Pengaruh Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan”dilatar belakangi oleh keterampilan berbicara siswa SD yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan dalam keterampilan berbicara siswa dalam materi bercerita setelah diberi pendekatan komunikatif. Keterampilan berbicara adalah kegiatan mengekspresikan suatu gagasan dan perasaan yang perlu diungkapkan kepada orang lain dalam bentuk ujaran. Dalam usia sekolah dasar keterampilan berbicara membantu siswa agar dapat berkomunikasi dengan baik terutama pada guru. Maka dari itu, perlu adanya pendekatan komunikatif guru terhadap siswa sehingga tercapainya peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas V. Pada penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif adalah pendekatan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa menggunakan bahasa komunikatif sesuai dengan potensi peserta didik dalam pembelajaran bahasa. Populasi dari penelitian ini diambil sebanyak 62 orang yang terdiri dari 31 siswa kelas V A dan 31 siswa kelas V B SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes lisan.Taraf signifikasi yang didapat pada penelitian ini adalah (0.000 < 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas kontrol dan eksperimenDownloads
Published
2022-10-07
How to Cite
Utami, . . D. ., Magdalena, I. ., & Puspita, D. R. (2022). Pengaruh Pendekatan Komunikatif terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4358–4363. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7319
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dyah Utami, Ina Magdalena, Dayu Retno Puspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).