Pengaruh Pendekatan Komunikatif terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan

Authors

  • Dyah Utami Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dayu Retno Puspita Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7319

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan”dilatar belakangi oleh keterampilan berbicara siswa SD  yang masih rendah. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan dalam keterampilan berbicara siswa dalam materi bercerita setelah diberi pendekatan komunikatif. Keterampilan berbicara adalah kegiatan mengekspresikan suatu gagasan dan perasaan yang perlu diungkapkan kepada orang lain dalam bentuk ujaran. Dalam usia sekolah dasar keterampilan berbicara membantu siswa agar dapat berkomunikasi dengan baik terutama pada guru. Maka dari itu, perlu adanya pendekatan komunikatif guru terhadap siswa sehingga tercapainya peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas V. Pada penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif adalah pendekatan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa menggunakan bahasa komunikatif sesuai dengan potensi peserta didik dalam pembelajaran bahasa. Populasi dari penelitian ini diambil sebanyak 62 orang yang terdiri dari 31 siswa kelas V A dan 31 siswa kelas V B SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes lisan.Taraf signifikasi yang didapat pada penelitian ini adalah (0.000 < 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas kontrol dan eksperimen

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Utami, . . D. ., Magdalena, I. ., & Puspita, D. R. (2022). Pengaruh Pendekatan Komunikatif terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4358–4363. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7319

Most read articles by the same author(s)