Hubungan Antara Peran Orang Tua dalam Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Cikupa III Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10049Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dalam kegiatan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Cikupa III Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, dimana data peran orang tua diambil menggunakan kuesioner dan data hasil belajar menggunakan penilaian tengah semester genap. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua pada bagian Mean 43,00, pada bagian Median 43,00, pada bagian Mode 42, pada bagian Std. deviation 2,259, pada bagian Minimum 37, dan bagian Maximum 48. Pada hasil belajar pada bagian Mean 78,56, pada bagian Median 79,00, pada bagian Mode 76, pada bagian Std. deviation 3,202, pada bagian Minimum 71, dan bagian Maximum 85. Uji signifikansi menunjukkan bahwa hubungan peran orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar dan bersifat linear. Diperoleh Fhitung 0,016 < Ftabel 3,16 berarti Ho diterima.Downloads
Published
2022-12-11
How to Cite
Qorina, S. A. ., Magdalena, I. ., & Huliatunisa, Y. . (2022). Hubungan Antara Peran Orang Tua dalam Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Cikupa III Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10407–10416. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10049
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Asyiva Qorina, Ina Magdalena, Yayah Huliatunisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).