Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Fabel Siswa Kelas III SDN Duri Kosambi 06 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8737Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita anak berbasis fabel dan bertujuan untuk mengetahui, (1) langkah-langkah pengembangan buku cerita yang berbasis fabel, (2) kelayakan buku cerita anak berbasis fabel, (3) respon peserta didik terhadap buku cerita anak berbasis fabel yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari delapan tahapan yaitu, (1) analisis dan identifikasi prioritas kebutuhan, (2) Perumusan tujuan produk, (3) Penyusunan alat atau instrument evaluasi, (4) Penyusunan materi atau produk, (5) Penulisan naskah produksi, (6) Uji coba validasi, (7) Revisi, (8) Produksi akhir. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Duri Kosambi 06 Pagi sebanyak 11 anak, 3 anak untuk uji perorangan dan 8 siswa untuk uji kelompok kecil. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan buku cerita anak berbasis fabel untuk peserta didik kelas III sekolah dasar layak digunakan. Penilaian menurut ahli media mendapatkan skor 4,2 (baik), ahli materi 4,7 dan 4,89 (sangat baik). Hasil respon peserta didik mendapatkan skor 3,52 untuk uji perorangan, 3,51 untuk uji kelompok kecil dan 3,54 untuk uji kelompok besar. Maka dari itu buku cerita anak berbasis fabel ini layak digunakan pada siswa kelas III sekolah dasar.Downloads
Published
2022-11-13
How to Cite
Khoerulnisa, A. ., Nurfadhillah, S. ., & Rosnaningsih, A. . (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Fabel Siswa Kelas III SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3326–3331. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8737
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amelia Khoerulnisa, Septy Nurfadhillah, Asih Rosnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).