Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Fabel Siswa Kelas III SDN Duri Kosambi 06 Pagi

Authors

  • Amelia Khoerulnisa Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Septy Nurfadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Asih Rosnaningsih Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita anak berbasis fabel dan bertujuan untuk mengetahui, (1) langkah-langkah pengembangan buku cerita yang berbasis fabel, (2) kelayakan buku cerita anak berbasis fabel, (3) respon peserta didik terhadap buku cerita anak berbasis fabel yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari delapan tahapan yaitu, (1) analisis dan identifikasi prioritas kebutuhan, (2) Perumusan tujuan produk, (3) Penyusunan alat atau instrument evaluasi, (4) Penyusunan materi atau produk, (5) Penulisan naskah produksi, (6) Uji coba validasi, (7) Revisi, (8) Produksi akhir. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Duri Kosambi 06 Pagi sebanyak 11 anak, 3 anak untuk uji perorangan dan 8 siswa untuk uji kelompok kecil. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan buku cerita anak berbasis fabel untuk peserta didik kelas III sekolah dasar layak digunakan. Penilaian menurut ahli media mendapatkan skor 4,2 (baik), ahli materi 4,7 dan 4,89 (sangat baik). Hasil respon peserta didik mendapatkan skor 3,52 untuk uji perorangan, 3,51 untuk uji kelompok kecil dan 3,54 untuk uji kelompok besar. Maka dari itu buku cerita anak berbasis fabel ini layak digunakan pada siswa kelas III sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-11-13

How to Cite

Khoerulnisa, A. ., Nurfadhillah, S. ., & Rosnaningsih, A. . (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Fabel Siswa Kelas III SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3326–3331. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8737