Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter di SDN Pinang 1 Kota Tangerang

Authors

  • Sarah As-sikah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yeni Nuraeni Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6524

Abstract

Setiap sekolah serta seluruh forum pendidikan juga harus mempunyai school culture, dimana setiap sekolah memilih pendisiplinan dan kebiasaan tentang karakter yang akan dibentuknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter di SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal perencanaan pembelajaran tematik guru kelas III di SDN Pinang 1  sudah terdapat unsur-unsur yang menunjukkan adanya pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Dapat dilihat dari pengintegrasian dalam setiap kegiatan pada proses pembelajaran, metode pembelajaran, dan sebagainya. Guru juga mengembangkan dan menanamkan 10 nilai karakter yang terdapat pada pembelajaran tematik. Hambatan yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik adalah lingkungan tempat tinggal siswa, dan daya dukung orangtua,

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

As-sikah, S. ., Nuraeni, Y. ., & Magdalena, I. . (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter di SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6536–6542. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6524

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>