Pengaruh Penggunaan Model Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan di Sekolah Dasar

Authors

  • Daniel Amardo Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia V Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8010

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah model pembelajaran Time Token berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema ayo cintai lingkungan di SD Negeri 091347 Tigarunggu atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, yaitu (1) ada pengaruh penggunaan model Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu, dan (2) tidak ada pengaruh penggunaan model Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental design dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu yang berjumlah 30 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan ttabel 1,699, diperoleh thitung = 9,54. Ini berarti thitung > ttabel (9,54 > 1,699). Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema ayo cintai lingkungan di SD Negeri 091347 Tigarunggu. Ini berarti Ha diterima dan  Ho ditolak.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Purba, D. A. ., V, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Penggunaan Model Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8203–8214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8010

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2