Pengaruh Model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Energi Alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7795Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Energi Alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Hipotesis penelitian ini ada 2 yaitu (1) Hipotesis alternative (Ha), ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema energi alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6 dan (2) Hipotesis nol (H0), tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema energi alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental design yang menggunakan desain “one group pretest-posttest design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 orang maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest) teknik observasi dan teknik dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 9,77 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Energi Alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Girsang, E. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Energi Alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6778–6789. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7795
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Emilia Girsang, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).