Pengaruh Metode Bermain Kartu Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 pada Pembelajaran Tema 2 Kegemaranku dengan Subtema 4 Gemar Membaca

Authors

  • Aprin Romaito Sihotang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar Trisnawati Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bermain Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Pada Pembelajaran Tema 2 Kegemaranku Dengan Subtema 4 Gemar Membaca  di SDN 122350 Pematang Siantar. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN 122350 Pematang Siantar yang berjumlah 35 orang. Karena populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, (1) ada pengaruh penerapan metode bermain kartu kata terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I pada pembelajaran tema 2 kegemaranku dengan subtema 4 gemar membaca di SDN 122350 Pematang Siantar (Ha), (2) tidak ada pengaruh penerapan metode bermain kartu kata terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I pada pembelajaran tema 2 kegemaranku dengan subtema 4 gemar membaca di SDN 122350 Pematang Siantar (H0). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberiaan tes membaca. Berdasarkan hasil analisis data statistik inferensial menggunakan uji t diketahui bahwa nilai t hitung  sebesar 16,65. Pada taraf signifikan ?=0,05 maka diperoleh t tabel = 1,690. Maka diperoleh thitung > ttabel  atau 16,65 >1,690. Sehingga dapat disimpulkan  bahwa ada pengaruh  menerapkan metode bermain kartu kata terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I pada pembelajaran tema 2 kegemaranku dengan subtema 4 gemar membaca di SDN 122350 Pematang Siantar. Ini berarti Ha  diterima dan H0 ditolak.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Sihotang, A. R. ., Lumbantobing, M. T. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Metode Bermain Kartu Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 pada Pembelajaran Tema 2 Kegemaranku dengan Subtema 4 Gemar Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5540–5552. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7544

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>