Pengaruh Metode Bermain Kartu Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 pada Pembelajaran Tema 2 Kegemaranku dengan Subtema 4 Gemar Membaca
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7544Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bermain Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Pada Pembelajaran Tema 2 Kegemaranku Dengan Subtema 4 Gemar Membaca di SDN 122350 Pematang Siantar. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN 122350 Pematang Siantar yang berjumlah 35 orang. Karena populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, (1) ada pengaruh penerapan metode bermain kartu kata terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I pada pembelajaran tema 2 kegemaranku dengan subtema 4 gemar membaca di SDN 122350 Pematang Siantar (Ha), (2) tidak ada pengaruh penerapan metode bermain kartu kata terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I pada pembelajaran tema 2 kegemaranku dengan subtema 4 gemar membaca di SDN 122350 Pematang Siantar (H0). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberiaan tes membaca. Berdasarkan hasil analisis data statistik inferensial menggunakan uji t diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 16,65. Pada taraf signifikan ?=0,05 maka diperoleh t tabel = 1,690. Maka diperoleh thitung > ttabel atau 16,65 >1,690. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menerapkan metode bermain kartu kata terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I pada pembelajaran tema 2 kegemaranku dengan subtema 4 gemar membaca di SDN 122350 Pematang Siantar. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.Downloads
Published
2022-10-14
How to Cite
Sihotang, A. R. ., Lumbantobing, M. T. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Metode Bermain Kartu Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 pada Pembelajaran Tema 2 Kegemaranku dengan Subtema 4 Gemar Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5540–5552. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7544
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aprin Romaito Sihotang, Minar Trisnawati Lumbantobing, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).