Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa di kelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8009Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model creative problem solving terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dikelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar Pada materi fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar dengan jumlah 60 siswa dan kelas IX SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar dengan jumlah 60 siswa yang akan diteliti. Sampel dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Trisakti. Adapun teknik analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil teknik analisis data tes kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung = 3.85 sedangkan ttabel = 2.042 sehingga thitung > ttabel yang berarti HO ditolak Ha diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa tes kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dikelas eksperimen lebih tinggi dari kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dikelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar. Hal ini menunjukkan, bahwa kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibandingkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kemampuan penalaran adaptif paling menonjol yang dapat dikembangkan melalui model pembelajaran Creative Problem Solving adalah aspek induktif intuitif. Kedua aspek penalaran adaptif yaitu, induktif intuitif dan deduktif intuitif tersebut hampir seimbang dan tidak terlalu besar selisihnya. Model pembelajaran Creative Problem Solving dapat mengembangkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Model pembelajaran Creative Problem Solving dapat mewadahi perkembangan kemampuan penalaran adaptif matematis secara menyeluruh.Downloads
Published
2022-10-27
How to Cite
Marbun, H. D. ., Siahaan, T. M. ., & Sauduran, G. N. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa di kelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8192–8202. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8009
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hanna Darwati Marbun, Theresia Monika Siahaan, Golda Novatrasio Sauduran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).