Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar mat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8423Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode Ekspositori pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan metode pembelajaran ekspositori kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors. Ditemukan bahawa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari uji homogenitas kelas memiliki varians yang homogendengan menggunakan uji homogenitas (uji F). Uji homogenitas Fhitung = 1,088509 < 1,8025 dengan ? = 0,05. Artinya kedua kelompok sampel homogen dari hasil analisis data diperoleh rataan = 18,90625 dan standart deviasi = 2,319057 untuk kelas eksperimen, serta rataan = 1,765625 dan standart deviasi = 2,223182 untuk kelas control. Artinya rata-rata dari standart deviasi siswa dikelas eksperimen lebih tinggi dari pada standart deviasi siswa dikelas control. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thitung = 2,21 dan ttabel = 1,9994 ternyata berada pada daerah kritik karena thitung > ttabel, sehingga rataan kedua sampel berbeda secara signifikan Berdarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan antar hasil belajar matimatika siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think talk Write dengan Metode Pembelajaran Ekspositori pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar T.A. 2022/2023.Downloads
Published
2022-11-06
How to Cite
Hutagalung, H. S. M. ., Simbolon, H. ., & Sauduran, G. N. . (2022). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar mat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1612–1620. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8423
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Helena Sinta M. Hutagalung, Hotman Simbolon, Golda Novatrasio Sauduran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).