Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8251Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Hal ini disebabkan oleh model yang digunakan oleh guru masih belum bervariasi dimana guru hanya menjelskan dan guru hanya mencatat tanpa melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pematangsiantar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental desain jenis The One Grup pretest-posstest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 pematangsiantar T.A 2022/2023, dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023 berjumlah 30 siswa Dari hasil analisis data diperoleh rata – rata hasil pretest 57,50 dan rata – rata posttest 80,33 artinya nilai rata – rata posstest lebih tinggi dari pada nilai pretest. Dari uji hipotesis diperoleh t hitung = 22,649 dan t tabel =2,756. Sehingga jika dikonsultasikan berdasarkan t tabel dengan taraf signifikasi 0,01 hasil menunjukkan bahwa 2,756 < 22,649. Artinya t hitung lebih besar dari t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sangat berpengaruh secara signifikan antara model model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Hal ini diperkuat karena model Problem Based Learning (PBL) memiliki kelebihan dan tujuan yang mampu mengajak siswa untuk belajar lebih efektif dikarenakan mereka fokus pada pemecahan masalah serta siswa mampu untuk mengembangkan dirinya.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Sipayung, Y. S. ., Manurung, S. ., & Sauduran, G. N. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 781–790. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8251
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yana Selvia Sipayung, Suprapto Manurung, Golda Novatrasio Sauduran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).