Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa pada Subtema 3 Meyayangi Tumbuhan di Kelas III SD Negeri 122347 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8484Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar tematik siswa pada subtema 3 meyayangi tumbuhan di SD Negeri 122347 Pematangsiantar. Pelaksanaan pada penelitian ini dimulai pada bulan Juli hingga September dengan jumlah subjek penelitian adalah 15 orang anak. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik Analisis data yang dilakukan adalah uji Shapiro-Wilk sebagai uji normalitas dan uji paired sample ttest sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar tematik siswa pada subtema 3 menyayangi tumbuhan dengan menggunakan metode outdoor learning, Hasil yang diperoleh dari preteset dengan nilai rata-rata kurang (43,67%) sedangkan posttest dengan nilai rata-rata baik (81%). Apabila analisis berdasarkan hasil pretest dan posttest maka dapat disimpulkan telah terjadi peningkatan sebesar 37,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa pada subtema 3 menyayangi tumbuhan di kelas III SD Negeri 122347 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Silitonga, T. A. H. ., Purba, N. ., & Siahaan, T. M. . (2022). Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa pada Subtema 3 Meyayangi Tumbuhan di Kelas III SD Negeri 122347 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1978–1988. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8484
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tomy Andreas Hamonangan Silitonga, Natalina Purba, Theresia Monika Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).