Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8257Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika, namun kenyataan dilapangan belum sesuai dengan yang diharapkan. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikirkritis matematis siswa di kelas VIII SMP SwastaTeladanPematangsiantar T.A 2022/2023. Penelitain ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dan untuk memperoleh data tentang pengaruh pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan tes dan uji coba instrumen. Adapun teknik analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data ditemukan bahwa nilai signifikansi 0,732 > 0,01 dan diperoleh thitung > ttabel adalah 2,865 > 2,38801. Karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,01 dan thitung > ttabel maka HO dan Ha diterima, Sehingga terdapat perubahan pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar T.A 2022/2023. Karena model pembelajaran creative problem solving merupakan salah model pembelajaran yang mengunakan metode diskusi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Maka perubahan kemampuan berpikir kritis matematis siswa terlihat dari siswa semakin aktif dalam pembelajaran saat menyampaikan pendapat mengenai pembelajaran. Siswa mengemukakan gagasan atau ide mengenai pembelajaran yang dilakukan, menjawab dan menyelesaikan permasalahan lebih kritis, sehingga terbukti penggunaan model pembelajaran sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis matematis siswadi kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar T.A.2022/2023.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Sitinjak, L. N. L. ., Manurung, S. ., & Siahaan, T. M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 791–800. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8257
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lufrensia Nisa Laura Sitinjak, Suprapto Manurung, Theresia Monika Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).