Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 2 Tapian Dolok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7797Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 2 Tapian Dolok. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurang kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII dalam pembelajaran matematika yang akan mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (pbl) akan membuat siswa mampu belajar bermakna karena berorientasi kepada masalah yang dapat membangun pemahaman konsep matematis siswa dengan memecahkan masalah tersebut. Siswa juga akan belajar dengan aktif, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan inisiatif siswa dalam bekerja kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan desain penelitian yaitu One-group Pretest and Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 5 soal pretest dan 5 soal posttest. Dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov,diperoleh maka data dinyatakan berdistribusi normal. Uji-t dilakukan dengan uji Paired Sample T-tes dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai pretest (M = 5,333, SD = 2,249) dengan rata-rata nilai posttest yang diperoleh setelah proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilakukan (M = 9,8667, SD = 4,006). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa thitung bernilai 10,794 sedangkan ttabel sebesar 2,054. Karena 10,794 > 2,054 maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 2 Tapian dolok.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Simanjuntak, R. F. ., Tambunan, L. O. ., & Sauduran, G. N. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 2 Tapian Dolok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6802–6810. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7797
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rezesa Febiola Simanjuntak, Lois Oinike Tambunan, Golda Novatrasio Sauduran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).