Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8369Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment dengan desain penelitian adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematagsiantar. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan sampel yang terpilih adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes uraian sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 dengan thitung = 9,4341 dan ttabel = 1,6698, ini menunjukkan bahwa t?????? > t????? atau 9,4341 > 1,6698, maka ?0 ditolak dan ?a diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Ramadani, R., Siahaan, T. M. ., & Tambunan, L. O. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1271–1282. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8369
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ramadani, Theresia Monika Siahaan, Lois Oinike Tambunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).