Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pematang Siantar

Authors

  • Ramadani Ramadani Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Lois Oinike Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment dengan desain penelitian adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematagsiantar. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan sampel yang terpilih adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes uraian sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 dengan thitung = 9,4341 dan ttabel =  1,6698, ini menunjukkan bahwa t?????? > t????? atau 9,4341 > 1,6698, maka ?0 ditolak dan ?a diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar.  

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Ramadani, R., Siahaan, T. M. ., & Tambunan, L. O. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1271–1282. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8369

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>