Pengaruh Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa Tema “Indahnya Kebersamaan” pada Kelas IV SD Negeri 095130 Senio Bangun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8822Abstract
Pembelajaran di sekolah dasar masih cenderung berfokus pada guru, penggunaan media pembelajaran juga masih jarang ditemukan. Terlebih, penggunaan media pop-up book. Maka pada penelitian ini berfokus pada media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai siswa dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selain itu dalam pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen designs dengan menggunakan the one group pretest-posttest design. Jumlah populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes untuk menjawab rumusan penelitian. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t pada hipotesis penelitian.Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Lubis, S. N. ., Purba, N. ., & Siahaan, T. M. . (2022). Pengaruh Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa Tema “Indahnya Kebersamaan” pada Kelas IV SD Negeri 095130 Senio Bangun . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3726–3736. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8822
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Nurhalimah Lubis, Natalina Purba, Theresia Monika Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).