Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa di kelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar

Authors

  • Hanna Darwati Marbun Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Golda Novatrasio Sauduran Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model creative problem solving terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dikelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar Pada materi fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar dengan jumlah 60 siswa dan kelas IX SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar dengan jumlah 60 siswa yang akan diteliti. Sampel dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Trisakti. Adapun teknik analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil teknik analisis data tes kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung = 3.85 sedangkan  ttabel  = 2.042 sehingga thitung  >  ttabel yang berarti HO ditolak Ha  diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa tes kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dikelas eksperimen lebih tinggi dari kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dikelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar.  Hal ini menunjukkan, bahwa kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibandingkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kemampuan penalaran adaptif paling menonjol yang dapat dikembangkan melalui model pembelajaran Creative Problem Solving adalah aspek induktif intuitif. Kedua aspek penalaran adaptif yaitu, induktif intuitif dan deduktif intuitif tersebut hampir seimbang dan tidak terlalu besar selisihnya. Model pembelajaran Creative Problem Solving dapat mengembangkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Model pembelajaran Creative Problem Solving dapat mewadahi perkembangan kemampuan penalaran adaptif matematis secara menyeluruh.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Marbun, H. D. ., Siahaan, T. M. ., & Sauduran, G. N. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa di kelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8192–8202. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8009