Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Jawa T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8319Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran. langsung (direct instruction). (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran langsung (direct instruction). Populasi dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Jawa yakni 352 orang, dan sampel dalam penelitian ini du akelas yakni kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang diberika kepada sampel adalah signifikan, karena dengan menggunakan rumus product moment di peroleh hasil perhitungan koefisien validitas terendah 0,40 (validitas cukup) dan koefisien validitas tertinggi 0,69(validitas tinggi) sehingga setiap butir tes valid, dengan menggunakan rumus alpha untuk tes diperoleh hasil perhitungan koefisien reliabilitas tes sebesar 4,1165 dan jika dibandingkan dengan rtabel dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan n = 32 maka diperoleh rtabel = 0,349 ternyata rhitung > rtabel maka instrumen tersebut reliabel.Downloads
Published
2022-11-04
How to Cite
Gultom, E. ., Simbolon, H. ., & Siahaan , T. M. . (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Jawa T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1053–1062. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8319
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Emma Gultom, Hotman Simbolon, Theresia Monika Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).