Hubungan Kesehatan Mental Dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7945Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesehatan mental dengan kinerja guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Adapun yang menjadi populasi penelitian adalah 89 orang guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, sampel yang digunakan sebanyak 89 orang guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan uji korelasi dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan ciri-ciri data nominal dengan bantuan IMB SPSS versi 23. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh nilai Pearson Product Moment sebesar 0,751 dimana terletak pada rentang 0,40-0,599 yang artinya terdapat hubungan yang berkategorikan kuat antara kesehatan mental dengan kinerja guru dengan arah yang positif dimana artinya semakin rendah kesehatan mental maka semakin rendah juga kinerja guru, dengan nilai koefisien determinan yang dihasilkan adalah sebesar KP = r2 × 100% = 56,4% yang memiliki makna bahwa kesehatan mental memberikan kontribusi sebesar 56,4% terhadap kinerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kesehatan mental dengan kinerja guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Nurrady, C. N. ., Nurlita, N., & Chairilsyah, D. . (2022). Hubungan Kesehatan Mental Dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7900–7906. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7945
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Cut Nisrina Nurrady, Nurlita, Daviq Chairilsyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).