Pengembangan Permainan Rolling Light untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Pangean
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7072Abstract
Penelititian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan dan efektivitas permainan rolling light dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Pembina Pangean. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Langkah-langkah yang dilakukan dengan menggunakan 8 tahapan yang dimulai dari tahapan: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, revisi produk, dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, menyebar angket, dan analisis dokumentasi. Instrument berupa angket validasi yang berbentuk angket berstruktur dan tidak berstruktur untuk dinilai uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, pendidik dan uji lapangan terbatas. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dapat disimpul bahwa validasi dari hasil penilaian ahli materi dikategorikan “sangat layak”, hasil penilaian ahli media dikategorikan “sangat layak” dan hasil penilaian ahli pendidik dikategorikan “sangat layak”.Hasil uji coba produk dengan uji coba terbatas dikategorikan “berkembang sangat baik”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan rolling light layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Pembina Pangean.Downloads
Published
2022-09-27
How to Cite
Septiani, . S. ., Chairilsyah, D. ., & Nurlita, N. (2022). Pengembangan Permainan Rolling Light untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Pangean. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3040–3047. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7072
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sudji Septiani, Daviq Chairilsyah, Nurlita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).