Pengembangan Permainan Rolling Light untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Pangean

Authors

  • Sudji Septiani Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau
  • Nurlita Nurlita Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7072

Abstract

Penelititian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan dan efektivitas permainan rolling light dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Pembina Pangean. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Langkah-langkah yang dilakukan dengan menggunakan 8 tahapan yang dimulai dari tahapan: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, revisi produk, dan  uji coba produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, menyebar angket, dan analisis dokumentasi. Instrument berupa angket validasi yang berbentuk angket berstruktur dan tidak berstruktur untuk dinilai uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, pendidik dan uji lapangan terbatas. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dapat disimpul bahwa validasi dari hasil penilaian ahli materi dikategorikan “sangat layak”, hasil penilaian ahli media dikategorikan “sangat layak” dan hasil penilaian ahli pendidik dikategorikan “sangat layak”.Hasil  uji coba produk dengan uji coba terbatas dikategorikan “berkembang sangat baik”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan rolling light  layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Pembina Pangean.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Septiani, . S. ., Chairilsyah, D. ., & Nurlita, N. (2022). Pengembangan Permainan Rolling Light untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Pangean. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3040–3047. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7072

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>