Hubungan Kesehatan Mental Dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir

Authors

  • Cut Nisrina Nurrady Universitas Riau
  • Nurlita Nurlita Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesehatan mental dengan kinerja guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Adapun yang menjadi populasi penelitian adalah 89 orang guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, sampel yang digunakan sebanyak 89 orang guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan uji korelasi dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan ciri-ciri data nominal dengan bantuan IMB SPSS versi 23. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh nilai Pearson Product Moment sebesar 0,751 dimana terletak pada rentang 0,40-0,599 yang artinya terdapat hubungan yang berkategorikan kuat antara kesehatan mental dengan kinerja guru dengan arah yang positif dimana artinya semakin rendah kesehatan mental maka semakin rendah juga kinerja guru, dengan nilai koefisien determinan yang dihasilkan adalah sebesar KP = r2 × 100% = 56,4% yang memiliki makna bahwa kesehatan mental memberikan kontribusi sebesar 56,4% terhadap kinerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kesehatan mental dengan kinerja guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Nurrady, C. N. ., Nurlita, N., & Chairilsyah, D. . (2022). Hubungan Kesehatan Mental Dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7900–7906. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7945