Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Karakter Bertanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Taqwa Al-Hidayah Danto Pada Masa New Normal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7112Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Taqwa Al-Hidayah Danto pada masa new normal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah: membuat pernyataan dalam bentuk angket, menguji validitas instrumen angket, melakukan uji reliabilitas terhadap angket yang valid, menyebarkan angket, mengumpulkan data, menganalisis data. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa analisis faktor-faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Taqwa Al-Hidayah Danto masa New Normal ditinjau dari indikator keluarga berada pada kategori cukup, indikator sekolah dalam kategori cukup, indikator masyarakat berada pada kategori cukup. indikator psikologi berada pada kategori cukup, dengan rata-rata keseluruhan sebesar 72,43% berada pada kategori cukup. Sehingga keempatnya cukup jelas menjadi faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Taqwa Al-Hidayah Danto pada masa New Normal.Downloads
Published
2022-09-28
How to Cite
Wulandari, . . S. ., Chairilsyah, D. ., & Satria, D. . (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Karakter Bertanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Taqwa Al-Hidayah Danto Pada Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3257–3264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7112
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Suci Wulandari, Daviq Chairilsyah, Defni Satria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).