Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4872Abstract
Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bercocok tanam terhadap kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah Kabupaten Kuantan Singingi sebelum dan sesudah melakukan kegiatan bercocok tanam.Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dilihat hasil pretest diperoleh jumlah nilai 143 dengan rata-rata 9,53 dan presentase 47,66% berada pada kategori mulai berkembang (MB). Kemudian dapat dilihat bahwa setelah dilakukan posttest diperoleh jumlah nilai 227 dengan nilai rata-rata 15,13 dan presentase 75,66% berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Setelah dilakukan uji perbandingan pretest dan posttest, diperoleh thitung = 14,916 dengan Sig. = 0,000. Karena nilai Sig. <0,05 berarti signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bercocok tanam terhadap kecerdasan naturalis pada anak berpegaruh sebesar 53,50% dan 46,50% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercocok tanam efektif untuk meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah Kabupaten Kuantan Singingi.Downloads
Published
2022-06-23
How to Cite
Sofia, A. ., Chairilsyah, D. ., & Solfiah, Y. . (2022). Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1425–1436. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4872
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Argina Sofia, Daviq Chairilsyah, Yeni Solfiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).