Analisis Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Manajemen Bencana Banjir di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8168Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan guru PAUD tentang manajemen bencana banjir di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah 50 Guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, sampel yang digunakan keseluruhan jumlah populasi yaitu 50 orang guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa analisis tingkat pengetahuan guru PAUD tentang manajemen bencana banjir secara keseluruhan memiliki persentase 84%, yang terdiri dari 4 indikator yang pertama pada indikator mitigasi yang terdiri dari 6 pernyataan memiliki persentase 84%, kedua indikator kesiapsiagaan yang terdiri dari 6 pernyataan memiliki persentase 84%, ketiga pada indikator tanggap darurat yang terdiri dari 6 pernyataan memiliki persentase 76,67%, dan yang keempat pada indikator pemulihan terdiri dari 4 pernyataan memiliki persentase 89,50%. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui data primer yaitu dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan menggunakan tes angket.Downloads
Published
2022-11-02
How to Cite
Hairunisa, . I., Nurlita, N., & Chairilsyah, D. . (2022). Analisis Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Manajemen Bencana Banjir di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 366–375. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8168
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Indah Hairunisa, Nurlita, Daviq Chairilsyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).