Pengembangan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Paud Quantum Kids 3 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10439Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi Game Edukasi dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) langkah-langkah yang dilakukan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, pembuatan produk dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, menyebar angket, dan analisis dokumentasi Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi Aplikasi Game Edukasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli pendidikPenelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ahli materi sebesar 81% “sangat layak”, validasi ahli media sebesar 89% “sangat layak”, validasi dari ahli pendidik diperoleh hasil persentase sebesar 91% “sangat layak”, Hasil uji coba terbatas yang telah dilakukan memperoleh hasil persentase sebesar 88% “sangat layak”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Game Edukasi layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK PAUD Quantum Kids 3 Pekanbaru.Downloads
Published
2022-12-19
How to Cite
Fatmanita, I. ., Chairilsyah, D. ., & Satria, D. . (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Paud Quantum Kids 3 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12259–12266. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10439
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Isnaini Fatmanita, Daviq Chairilsyah, Defni Satria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).