Pengembangan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Paud Quantum Kids 3 Pekanbaru

Authors

  • Isnaini Fatmanita Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau
  • Defni Satria Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi Game Edukasi dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) langkah-langkah yang dilakukan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, pembuatan produk dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, menyebar angket, dan analisis dokumentasi Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi  Aplikasi Game Edukasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli pendidikPenelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ahli materi sebesar 81% “sangat layak”, validasi ahli media sebesar 89% “sangat layak”, validasi dari ahli pendidik diperoleh hasil persentase sebesar 91% “sangat layak”, Hasil uji coba terbatas yang telah dilakukan memperoleh hasil persentase sebesar 88% “sangat layak”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Game Edukasi layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK PAUD Quantum Kids 3 Pekanbaru.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Fatmanita, I. ., Chairilsyah, D. ., & Satria, D. . (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Paud Quantum Kids 3 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12259–12266. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10439

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>