Persepsi Orang Tua Suku Akit Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Bantan Timur Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10490Abstract
Masyarakat Suku Akit di Desa Bantan Timur Mayoritas pendidikan SD, masyarakat Suku Akit tidak terlalu mementingkan pendidikan anaknya. Minimnya Pengetahuan yang dimiliki orang tua Suku Akit serta anak-anak yang masih belum mendapatkan pendidkan anak usia dini di lembaga PAUD membuat masih banyaknya yang belum mementingkan pendidikan anak usia dini bagi setiap anaknya. Sehingga peneliti ingin mengetahui persepsi orang tua Suku Akit terhadap pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan di jabarkan secara deskriptif yang dilaksanakan di desa bantan timur kecamatan bantan kabupaten bengkalis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui persepsi orang tua Suku Akit mengenai pendidikan anak usia dini dilihat melaluipandangan orang tua terhadap pendidikan bahwa orang tua belum mengetahui arti penting serta tujuan adanya pendidikan anak usia dini, pandangan orang tua Suku Akit dengan adanya lembaga PAUD di desa bantan timur dapat diketahui orang tua menganggap lembaga pendidikan anak usia dini tempat untuk bermain dan bernyanyi, dan alasan atau faktor orang tua belum memasukkan anak di lembaga PAUD yaitu kurangnya informasi serta pengetahuan yang dimiliki, jarak tempuh dan kesibukan orang tua menjadikan orang tua Suku Akit kurang mementingkan pendidikan anak usia dini.Downloads
Published
2022-12-20
How to Cite
Sulhiya, V. I. ., N, Z. ., & Chairilsyah, D. . (2022). Persepsi Orang Tua Suku Akit Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Bantan Timur Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12433–12440. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10490
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Vivi Ihda Sulhiya, Zulkifli N, Daviq Chairilsyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).