Pengembangan Media Tempat Sampah Edukatif Dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10557Abstract
Kurangnya simulasi terhadap anak usia dini tentang sikap peduli lingkungan yang mengakibatkan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan sehinga anak terbiasa membuang sampah sembarangan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tempat sampah edukatif dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada tahapan penelitian Brog and Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahapan penelitian. Tahapan yang peneliti lakukan adalah potensi masalah, pengumpulan data atau informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, dan revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 4-5 tahun pada TK Hangtuah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian media tempat sampah edukatif untuk menumbuhkan sikap peduli anak usia dini dan layak digunakan setelah melalui tahapan validasi oleh validator ahli materi, ahli media, pendidik dan juga melalui tahapan uji coba terbatas. Berdasarkan hasil validasi materi mendapatkan persentase kelayakkan sebesar 89% dengan kategori “layak” dan validasi ahli media mendapatkan persentase kelayakkan sebesar 88% dengan kategori “layak”. Hasil validasi materi mendapatkan persentase 89% dan persentase uji coba terbatas mendapatkan persentase 94,1% dengan kategori “sangat layak”. Penelitian terkait Pengembangan media Tempat Sampah Edukatif dapat di teliti lebih lanjut untuk aspek perkembangan lainnya.Downloads
Published
2022-12-23
How to Cite
Amalia, Y. N. ., Chairilsyah, D. ., & Nurlita, N. (2022). Pengembangan Media Tempat Sampah Edukatif Dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Anak Usia 4-5 Tahun . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12580–12589. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10557
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yelin Nur Amalia, Daviq Chairilsyah, Nurlita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).