Pengaruh Konseling kelompok Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dengan teknik assertive training pada siswa SMPN Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12681Abstract
Manusia merupakan mahkluk sosial yang berarti tidak terelepas dari individu lainnya, setiap individu saling membutuhkan dan beriringan dan salah satunya hal yang menunjang dalam kehidupan sosial ialah komunikasi. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok melalui teknik assertive training dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SMPN Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimen dengan model one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini ialah 7 orang siswa dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keterampilan komunikasi siswa rendah dengan persentase 100% pada kategori rendah. Hal ini menunjukkan perlunya konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pada siswa SMPN di pekanbaru.Downloads
Published
2023-03-07
How to Cite
Fanri Daniel Pakpahan, Yakub, E. ., & Chairilsyah, D. . (2023). Pengaruh Konseling kelompok Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dengan teknik assertive training pada siswa SMPN Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 219–223. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12681
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fanri Daniel Pakpahan, Elni Yakub, Daviq Chairilsyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).