Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Hasil Belajar dengan Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7758Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 098166 Perumnas batu 6 kelas IV pada pelajaran tematik, diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Proses kegiatan belajar mengajar di kelas hanya berpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajara dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar siswa dengan subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku di kelas IV SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Pre-Experimental dengan desain Penelitian One Group Pretest-Posttest Design, pada metode ini terdapat pretest sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran investigasi kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan siswa kelas IV SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa, 16 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan pembahasan dari analisis data yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar siswa tema 3 sub tema 2 kelas IV SDN 098166 Perumnas batu 6. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji t yang diperoleh yaitu thitung 8,004 dan ttabel db 29 sebesar 2,045 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dimana 8,004 > 2,045 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar siswa tema 3 sub tema 2 kelas IV SDN 098166 Perumnas batu 6.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Damanik, J. Y. ., Purba, N. A. ., & Siregar, J. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Hasil Belajar dengan Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6607–6617. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7758
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Johanna Yunika Damanik, Nancy Angelia Purba, Junifer Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).