Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Hasil Belajar dengan Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan Kelas IV SD

Authors

  • Johanna Yunika Damanik Universitas HKBP Nommensen
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen
  • Junifer Siregar Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7758

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 098166 Perumnas batu 6 kelas IV pada pelajaran tematik, diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Proses kegiatan belajar mengajar di kelas  hanya berpusat pada guru sehingga menyebabkan  siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajara dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar siswa dengan subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku  di kelas IV SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Pre-Experimental dengan desain Penelitian One Group Pretest-Posttest Design, pada metode ini terdapat pretest sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran investigasi kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan  siswa kelas IV SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa, 16 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan pembahasan dari analisis data yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar siswa tema 3 sub tema 2 kelas IV SDN 098166 Perumnas batu 6. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji t yang diperoleh yaitu  thitung 8,004  dan ttabel db 29 sebesar 2,045 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% dimana 8,004 > 2,045 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh model Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar siswa tema 3 sub tema 2 kelas IV SDN 098166 Perumnas batu 6.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Damanik, J. Y. ., Purba, N. A. ., & Siregar, J. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Hasil Belajar dengan Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6607–6617. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7758

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>