Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar

Authors

  • Candra Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizki Zuliani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Tia Anggestin Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9690

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika siswa yang diberi Model Cooperative Type Make A Match dengan yang diberikan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan bentuk desain mengunakan bentuk desain Nonequivalent control group design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV  SDN Perumnas 1 yang berjumlah 54  siswa terdiri dari 28 siswa kelas IV A dan 26 siswa kelas IV B . kelas IV A dijadikan kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas ekperimen, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pretest dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,41  dan ttabel = 2,007, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas dan kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dari pada menggunakan metode          konvensional.

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Rini, C. P. ., Zuliani, R. ., & Anggestin, T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8417–8434. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9690

Most read articles by the same author(s)