Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9690Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika siswa yang diberi Model Cooperative Type Make A Match dengan yang diberikan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan bentuk desain mengunakan bentuk desain Nonequivalent control group design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Perumnas 1 yang berjumlah 54 siswa terdiri dari 28 siswa kelas IV A dan 26 siswa kelas IV B . kelas IV A dijadikan kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas ekperimen, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pretest dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,41 dan ttabel = 2,007, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas dan kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dari pada menggunakan metode konvensional.Downloads
Published
2022-12-04
How to Cite
Rini, C. P. ., Zuliani, R. ., & Anggestin, T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8417–8434. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9690
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Candra Puspita Rini, Rizki Zuliani, Tia Anggestin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).