Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kembangan Selatan 01

Authors

  • Lailatus Saadah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizki Zuliani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Candra Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12785

Abstract

Project Based Learning pembelajaran yang berbasis masalah dengan menerapkan suatu project, sedangkan hasil belajar itu kemampuan siswa setelah mendapat pengalaman setelah melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning pada kelas eksperimen terhadap hasil belajar IPA dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen jenis noequivalent control grup design. Adapun populasi yang digunakan merupakan seluruh siswa kelas 4 di SDN Kembangan Selatan dengan total 121 siswa, sedangkan sampel yang diambil merupakan kelas 4A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 dan kelas 4B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes menggunakan instrumen berupa 15 soal essay yang terdiri 10 soal valid dan 5 soal drop. Untuk pengujian hipotesis didalam penelitian ini dihitung melalui uji posttest, sehingga memperoleh hasil thitung 5.005 dan ttabel 2.045, maka data yang diperoleh signifikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode Project Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kembangan Selatan 01.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Saadah, L., Zuliani, R. ., & Rini, C. P. . (2023). Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kembangan Selatan 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 530–536. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12785

Most read articles by the same author(s)