Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kembangan Selatan 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12785Abstract
Project Based Learning pembelajaran yang berbasis masalah dengan menerapkan suatu project, sedangkan hasil belajar itu kemampuan siswa setelah mendapat pengalaman setelah melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning pada kelas eksperimen terhadap hasil belajar IPA dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen jenis noequivalent control grup design. Adapun populasi yang digunakan merupakan seluruh siswa kelas 4 di SDN Kembangan Selatan dengan total 121 siswa, sedangkan sampel yang diambil merupakan kelas 4A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 dan kelas 4B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes menggunakan instrumen berupa 15 soal essay yang terdiri 10 soal valid dan 5 soal drop. Untuk pengujian hipotesis didalam penelitian ini dihitung melalui uji posttest, sehingga memperoleh hasil thitung 5.005 dan ttabel 2.045, maka data yang diperoleh signifikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode Project Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kembangan Selatan 01.Downloads
Published
2023-03-12
How to Cite
Saadah, L., Zuliani, R. ., & Rini, C. P. . (2023). Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kembangan Selatan 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 530–536. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12785
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Lailatus Saadah, Rizki Zuliani, Candra Puspita Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).