Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri Jati 1 Kota Tangerang

Authors

  • Herlin Wizy Astuty Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Candra Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizki Zuliani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III sebanyak 9 orang dan guru kelas III. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi menghitung lamanya waktu antara lain: kesalahan membaca dilakukan sebanyak 10 kali, kesalahan memahami masalah dilakukan sebanyak 21 kali, kesalahan transformasi dilakukan sebanyak 10 kali, kesalahan kemampuan proses dilakukan sebanyak 22 kali, dan kesalahan penulisan jawaban dilakukan sebanyak 31 kali. Selain itu terdapat faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu siswa kesulitan dalam memahami masalah, kesulitan dalam menentukan operasi perhitungan, kesulitan dalam proses perhitungan, saat siswa mengerjakan proses perhitungan tidak teliti dan tergesa-gesa, terjadi kesalahan pada sebelumnya sehingga hasil diakhir jawabannya salah, siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Astuty, . H. W. ., Rini, C. P. ., & Zuliani, R. . (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri Jati 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6254–6261. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6487

Most read articles by the same author(s)