Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Beriman Dan Berakhlak Mulia Kelas 1 SD Supriyadi Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14161Abstract
Pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan dan perkembangan kurikulum pendidikan nasional dari waktu ke waktu. Perubahan kurikulum ini sebagai wujud pengembangan dari kurikulum sebelumnya dan penyempurnaan tujuan kurikulum untuk membawa kemajuan pendidikan Indonesia. Dalam kurikulum merdeka berfokus pada pengembangan karakter, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Salah satunya dengan adanya profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian penguatan profil pelajar pancasila aspek beriman dan berakhlak mulia kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait penguatan profil pelajar pancasila aspek beriman dan berakhlak mulia sudah di implementasikan di kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Penguatan profil pelajar pancasila terdapat pada mata pelajaran P5 berbasis proyek dan dalam keseharian di sekolah SD Supriyadi Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini didapatkan dari observasi dang angket yang dilakukan di kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Sedangkan data sekunder didapatkan dari artikel/jurnal terkait dengan profil pelajar pancasila, serta dokumen pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian penguatan profil pelajar pancasila telah dioptimalkan dalam pelaksanaannya di sekolah sehingga terbentuknya karakter peserta didik yang berpancasila.Downloads
Published
2023-04-17
How to Cite
Sa’idah, A. ., Nuroso, H. ., Subekti, E. E. ., & Nikmah, U. . (2023). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Beriman Dan Berakhlak Mulia Kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4565–4573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14161
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Anisatus Sa’idah, Harto Nuroso, Ervina Eka Subekti, Ulin Nikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).