Analisis Peran Guru dan Orang Tua Terhadap Karakter Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SD Negeri Harjosari 01 Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5861Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu pada hasil observasi terdapat siswa yang percaya diri dan kurang percaya diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dan mengetahui peran guru serta orang tua terhadap kepercayaan diri siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara yang didapatkan dari sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, orang tua siswa dan guru kelas IV SD Negeri Harjosari 01. Hasil penelitian peran guru terhadap karakter kepercayaan diri siswa kelas IV SD Negeri Harjosari 01 yaitu memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa kelas IV agar menumbuhkan karakter percaya diri siswa. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa yaitu: kemampuan diri, penyesuaian diri, keberanian, kondisi keluarga, cinta dan kasih sayang, perhatian serta penerimaan. Ada 3 siswa memiliki tingkat percaya diri tinggi sebesar 100% dan 3 siswa memiliki tingkat percaya diri sedang sebesar 60% dan 67%. Sedangkan ada 3 orang tua yang sudah melaksanakan peran tinggi terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 100% dan terdapat 3 orang tua siswa yang sudah melaksanakan peran sedang terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 60% dan 67%.Downloads
Published
2022-08-05
How to Cite
Ati, B. S. ., Subekti, E. E. ., & Purnamasari, V. . (2022). Analisis Peran Guru dan Orang Tua Terhadap Karakter Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SD Negeri Harjosari 01 Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2638–2645. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5861
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Berliana Sedar Ati, Ervina Eka Subekti, Veryliana Purnamasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).