Analisis Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13089Abstract
Perkembangan sosial emosional adalah suatu proses dimana anak (peserta didik) belajar untuk dapat beradaptasi dalam memahami situasi dan emosi ketika berinteraksi dengan orang yang ada di sekitarnya. Perkembangan sosial emosional peserta didik sekolah dasar penting untuk diketahui agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan sosial emosional pada peserta didik kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik yang mempunyai perkembangan sosial emosional yang baik, maka akan menunjukkan sikap peduli, partisipasi, komunikasi, interakti dan tentunya memiliki rasa percaya diri. Perkembangan sosial dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Karena perkembangan emosi sanagat berhubungan dengan perkembangan sosial anak. Dan juga sebaliknya, perkembangan sosial harus melihatkan aspek emosional sebab keduanya terintegrasi dalam bingkai kejiwaan yang utuh.Downloads
Published
2023-03-20
How to Cite
Kharisma Putri, M. A. ., Nuroso, H. ., Purnamasari, I. ., & Kusniati, S. . (2023). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1208–1216. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13089
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mega Aldila Kharisma Putri, Harto Nuroso, Iin Purnamasari, Siti Kusniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).