Analisis Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Supriyadi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13849Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model problem based learning pada pembelajaran tematik kelas V di SD Supriyadi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data peneliti menggunakan 2 teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model problem based learning mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran tematik membantu peserta didik untuk dapat berpikir kritis, mampu menyampaikan informasi serta meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran. Namun dalam kegiatan diskusi perlu ditingkatkan lagi tentang kerjasama antar kelompok agar dapat memahami konsep materi yang ada. Selain itu berdasarkan hasil belajar peserta didik dijelaskan bahwa implementasi model problem based learning pada pembelajaran tematik terbukti dapat membantu peserta didik memahami konsep materi yang ada. Pembelajaran tematik dengan menggunakan model problem based learning terbukti dapat menciptakan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Kholifah, M. ., Huda, C. ., Subekti, E. E. ., & Nafiah, U. . (2023). Analisis Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Supriyadi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3129–3134. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13849
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mahrojatin Kholifah, Choirul Huda, Ervina Eka Subekti, Ulin Nafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).