Analisis Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Supriyadi

Authors

  • Mahrojatin Kholifah Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Ulin Nafiah SD Supriyadi Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model problem based learning pada pembelajaran tematik kelas V di SD Supriyadi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data peneliti menggunakan 2 teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model problem based learning mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran tematik membantu peserta didik untuk dapat berpikir kritis, mampu menyampaikan informasi serta meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran. Namun dalam kegiatan diskusi perlu ditingkatkan lagi tentang kerjasama antar kelompok agar dapat memahami konsep materi yang ada. Selain itu berdasarkan hasil belajar peserta didik dijelaskan bahwa implementasi model problem based learning pada pembelajaran tematik terbukti dapat membantu peserta didik memahami konsep materi yang ada. Pembelajaran tematik dengan menggunakan model problem based learning terbukti dapat menciptakan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Kholifah, M. ., Huda, C. ., Subekti, E. E. ., & Nafiah, U. . (2023). Analisis Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Supriyadi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3129–3134. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13849

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>