Analisis Penggunaan Media Papan Kreasi Dalam Pembelajaran Ppkn Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13442Abstract
Seiring dengan perkembangan pembelajaran untuk menghadapi revolusi industri 4.0 penyelenggara pembelajaran diharapkan lebih inovatif dan kreatif dalam merancang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media papan kreasi dalam pembelajaran PPKn kelas III diSDN Sampangan 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan dua kali pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Sampangan 02 dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dalam dua kali pembelajaran. Pembelajaran awal tanpa menggunakan media pembelajaran menunjukkn ketuntasan hanya 18% dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 64 dengan ketuntan dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang berarti tujuan pembelajaran yang diinginkan belum tercapai. Pembelajaran berikutnya dengan menggunakan media pembelajaran papan kreasi terdapat kenaikan nilai rata-rata peserta didik menjadi 86. Pembelajaran kedua sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat kenaikan hasil belajar peserta didik sebesar 82% untuk mata pelajaran PPKn. Sehinga dapat disimpulan yang dapat dari hasil penelitian ini bahwa media pembelajaran dengan menggunakan papan kreasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SDN Sampangan 02Downloads
Published
2023-03-29
How to Cite
Fandayani, R. ., Subekti, E. E. ., & Sukamto, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Papan Kreasi Dalam Pembelajaran Ppkn Kelas III . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2089–2095. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13442
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rina Fandayani, Ervina Eka Subekti, Sukamto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).