Analisis Penggunaan Media Papan Kreasi Dalam Pembelajaran Ppkn Kelas III

Authors

  • Rina Fandayani Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13442

Abstract

Seiring dengan perkembangan pembelajaran untuk menghadapi revolusi industri 4.0 penyelenggara pembelajaran diharapkan lebih inovatif dan kreatif dalam merancang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media papan kreasi dalam pembelajaran PPKn kelas III diSDN Sampangan 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan dua kali pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Sampangan 02 dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dalam dua kali pembelajaran. Pembelajaran awal tanpa menggunakan media pembelajaran menunjukkn ketuntasan hanya 18% dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 64 dengan ketuntan dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang berarti tujuan pembelajaran yang diinginkan belum tercapai. Pembelajaran berikutnya dengan menggunakan media pembelajaran papan kreasi terdapat kenaikan nilai rata-rata peserta didik menjadi 86. Pembelajaran kedua sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat kenaikan hasil belajar peserta didik sebesar 82% untuk mata pelajaran PPKn. Sehinga dapat disimpulan yang dapat dari hasil penelitian ini bahwa media pembelajaran dengan menggunakan papan kreasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SDN Sampangan 02

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Fandayani, R. ., Subekti, E. E. ., & Sukamto, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Papan Kreasi Dalam Pembelajaran Ppkn Kelas III . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2089–2095. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13442

Most read articles by the same author(s)