Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Beriman Dan Berakhlak Mulia Kelas 1 SD Supriyadi Semarang

Authors

  • Anisatus Sa’idah Universitas PGRI
  • Harto Nuroso Universitas PGRI
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI
  • Ulin Nikmah SD Supriyadi Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14161

Abstract

Pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan dan perkembangan kurikulum pendidikan nasional dari waktu ke waktu. Perubahan kurikulum ini sebagai wujud pengembangan dari kurikulum sebelumnya  dan penyempurnaan tujuan kurikulum untuk membawa kemajuan pendidikan Indonesia. Dalam kurikulum merdeka berfokus pada pengembangan karakter, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Salah satunya dengan adanya profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian penguatan profil pelajar pancasila aspek beriman dan berakhlak mulia kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait penguatan profil pelajar pancasila aspek beriman dan berakhlak mulia sudah di implementasikan di kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Penguatan profil pelajar pancasila terdapat pada mata pelajaran P5 berbasis proyek dan dalam keseharian di sekolah SD Supriyadi Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini didapatkan dari observasi dang angket yang dilakukan di kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Sedangkan data sekunder didapatkan dari artikel/jurnal terkait dengan profil pelajar pancasila, serta dokumen pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian penguatan profil pelajar pancasila telah dioptimalkan dalam pelaksanaannya di sekolah sehingga terbentuknya karakter peserta didik yang berpancasila.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Sa’idah, A. ., Nuroso, H. ., Subekti, E. E. ., & Nikmah, U. . (2023). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Beriman Dan Berakhlak Mulia Kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4565–4573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14161