Analisis Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Di SDN Pandeanlamper 03 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13835Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan karakter toleransi siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber yang relevan dengan topik penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat membentuk karakter toleransi siswa dengan mengajarkan nilai-nilai pluralisme, keadilan, kerjasama, dan menghormati perbedaan. Siswa dapat memahami dan menghargai perbedaan agama, suku, budaya, dan pandangan politik dengan cara berpikir kritis, menghargai perspektif orang lain, serta berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar berperan penting dalam membentuk karakter toleransi siswa yang dapat membantu menciptakan masyarakat yang harmonis dan saling menghargai perbedaan.Downloads
Published
2023-04-08
How to Cite
Nadhifah, . I. ., Subekti, E. E. ., Haryati, T. ., & Estiyani, . . E. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Di SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3120–3124. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13835
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Izzatullaili Nadhifah, Ervina Eka Subekti, Titik Haryati, Estiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).