Analisis Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Di SDN Pandeanlamper 03 Semarang

Authors

  • Izzatullaili Nadhifah Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang
  • Estiyani Estiyani SD Negeri Pandeanlamper 03

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13835

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan karakter toleransi siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber yang relevan dengan topik penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat membentuk karakter toleransi siswa dengan mengajarkan nilai-nilai pluralisme, keadilan, kerjasama, dan menghormati perbedaan. Siswa dapat memahami dan menghargai perbedaan agama, suku, budaya, dan pandangan politik dengan cara berpikir kritis, menghargai perspektif orang lain, serta berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar berperan penting dalam membentuk karakter toleransi siswa yang dapat membantu menciptakan masyarakat yang harmonis dan saling menghargai perbedaan.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Nadhifah, . I. ., Subekti, E. E. ., Haryati, T. ., & Estiyani, . . E. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Di SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3120–3124. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13835

Most read articles by the same author(s)